PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh media Game Edukasi Wordwall terhadap aktivitas belajar siswa, 2) Mengetahui pengaruh media Game Edukasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa, 3) Mengetahui apakah ada hubungan aktivitas dengan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Medan yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel yang berjumlah dua kelasĀ dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VII-5 sebagai kelas eksprimen menggunakan pembelajaran yang menerapkan media Game Edukasi Wordwall dan Kelas VII-4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran tanpa penerapan media Game Edukasi Wordwall. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t satu pihak dan uji korelasi. Berdasarkan hasil Analisa data diperoleh : 1) terdapat pengaruh media Game Edukasi Wordwall terhadap aktivitas belajar siswa, 2) terdapat pengaruh media Game Edukasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa, 3) terdapat korelasi antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan media Game Edukasi Wordwall.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 16 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.