PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN PEMUAIAN KELAS VII MTS AL-ITTIHAD AEK NABARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan pemuaian kelas VII MTS Al-Ittihad Aek Nabara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian meliputi siswa kelas VII-3 MTS Al-Ittihad Aek Nabara. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis discovery learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik, dan untuk mengetahui keefektifan LKPD dengan memberikan soal pretest dan postest kepada peserta didik. Pada tahap validasi, hasil penilaian ahli materi mendapat presentase rata-rata yaitu 94% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media mendapat presentase rata-rata yaitu 95% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon pendidik untuk uji kepraktisan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 93,75% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan oleh peserta didik dari angket yang diberikan mendapatkan presentase rata-rata 92% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan terhadap hasil belajar memperoleh n-gain sebesar 0,76 dengan kategori efektif pada kelas. Hasil nilai thitung > ttabel(3,153 > 2,001), maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka ada pengaruh signifikan hasil belajar siswa dengan menerapkan pengembangan LKPD berbasis discovery learning dilihat dari hasil pre-test dan post-test pada materi suhu dan pemuaian.Downloads
Published
2025-05-01
Issue
Section
Articles