PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA MATA KULIAH METROLOGI INDUSTRI

Marlan marlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Media Pembelajaran  Interaktif Berbasis Animasi  Pada Mata Kuliah  Metrologi  Industri yang valid, praktis, dan efekti. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Instructional Development Institude (IDI) yang meliputi tiga tahap yaitu (1) define, (2) develop, dan (3) evaluate. Subjek uji coba yaitu mahasiswa semester I Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan dengan jenis data yaitu data primer. Data dikumpulkan melalui angket dan tes. Temuan penelitian menyatakan bahwa Media Pembelajaran  Interaktif Berbasis Animasi  Pada Mata Kuliah  Metrologi  Industri dalam katagori sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Sehingga diharapkan dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa serta peneliti lain untuk melakukan pengembangan hal yang serupa.

 

Kata kunci: Media Interaktif, Berbasis Animasi, Metrologi  Industri,Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas.


Full Text:

PDF

References


AECT. 1977. The Defenition of Educational Technology. Washington: Association for Educational Communication and Technology.

Akker, J. V. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. ,. (2013). Reabilitas dan Validitas (4th ed.). Yogyakarta, IN: Pustaka Pelajar Offset.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Fathiyati, R., & Utami, R. P. (2012). “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Bagi Mahasiswa SMA/MA Kelas XI Semester 2 Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia”. Prosiding Seminar Nasional Biologi. Solo: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret.

Gagne, Robert M, dan Briggs, Leslie J. 1979. Principles of instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Mulyasa H. E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa Kelas VIII Materi Gaya”. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.1, 11.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rusman, D. M., Deni Kurniawan, D. M., & Cepi Riyana, M. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarwiko, D. (2010). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Makromedia Director MX (Study Kasus Mata Kuliah Pengolahan Citra pada Jurusan S1 Sistem Informasi)”. Gunadarma Graduate Computer-Science Article .

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.