PERAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA PEREMPUAN DI TABANAN

Ni Putu Merta Nadi, Ni Made Ary Agustini

Abstract


Masa remaja merupakan periode transisi perkembangan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada periode ini, remaja cenderung mengalami kecemasan dan kebimbangan dalam menentukan perguruan tinggi, sehingga remaja perlu memperhatikan dan mengenali minatnya masing-masing. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi remaja dalam mengenali minat seperti status sosial ekonomi dan motivasi berprestasi. Adanya motivasi berprestasi serta status ekonomi yang baik akan menunjang minat remaja dalam meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Namun realitanya status sosial ekonomi orangtua yang dimiliki siswa cenderung rendah. Sehingga, remaja berniat mengurungkan minatnya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran motivasi berprestasi dan status sosial ekonomiĀ  terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa perempuan di Tabanan. Subjek dalam penelitian ini adalah 127 siswa perempuan SMA Negeri Kabupaten Tabanan dengan usia 17-18 tahun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa koefisien regresi sebesar 0,612 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,375 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Nilai koefisien beta terstandarisasi pada variabel motivasi berprestasi sebesar 0,062 dan variabel status sosial ekonomi sebesar -0,050. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berperan meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa perempuan di Tabanan

Keywords


Motivasi Berprestasi, Status Sosial Ekonomi, Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi, Remaja

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arse, E. D. 2014. Pengaruh Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi, Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi (Studi Pada Siswa Siswa Kelas Xi Jurusan Pemasaran Smk Negeri Pasirian Tahun Ajaran 2013/2014. (Skripsi). Universitas Negeri Malang.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2016. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djali. 2017. Psikologi Pendidikan. (Cetakan Kesepuluh). Jakarta: Bumi Aksara.

Emelia, E. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Smkn 1 Padang. (Skripsi). Padang: STKI PGRI Sumatera Barat

Field, A. 2009. Discovering Statistics Using Spss. (Third Edition). Singapore: SAGE Publications.

Feisal, J. A. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. (Cetakan Pertama). Jakarta: Gema Isani Press.

Forgas, J.P., Williams, K.D., & Simon, L.M. 2004. Social Motivation: Conscious and Unconscious Processes. United States of America: Cambridge University Press.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. 3rd Edition: SAGE Publication.

Ginting, C. 2003. Kiat Belajar Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Garasindo.

Hurlock, E. B. 1996. Personality Development. (Edisi Kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hurlock, E. B. 2009. Psikologi Perkembangan: Suatu Perkembangan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hurlock, E. B. 2011. Psikologi Perkembangan: Suatu Perkembangan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Indriani, M. 2018. Pengaruh Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi, Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Pejagoan Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018.Jurnal pendidikan ekonomi. 7(5).

McClelland, D.C. 1976. The Achievement Motivate. New York: Irvingnon Publisher.

McClelland, D. C. 1978. Human Motivation. New York: The Press Syndicate of The University of Cambridge.

Nadi, N. P. D. M. 2020. Peran Motivasi Berprestasi Dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Perempuan Di Tabanan. (Skripsi). Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v17i2.22080

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 304 times

Copyright (c) 2020 Ni Putu Merta Nadi, Ni Made Ary Agustini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.