“Mengapa Hidup yang Abstrak Membuat Cita-Cita Lebih Abstrak” (Gambaran Cita-Cita Mahasiswa di Fakultas Psikologi UNJANI)

Muhammad Zein Permana, Fellia Lesthari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami bagaimana penghayatan gambaran cita-cita serta tujuan hidup pada emerging adulthood. Metode penelitian yang ditetapkan, yakni pada metode kualitatif bersifat induktif. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis tematik melalui tiga tahap, yakni initial code, axial code, dan selective code dengan prinsip keabsahan kredibilitas dan peneliti juga melakukan intercoder analysis. Hasil penelitian ditemukan para partisipan dengan goals yang diinginkan, kondisi saat ini, dan proses yang dilakukan. Lalu ditemukan tema terkait keinginan yang berkaitan dalam hal berkeluarga, meningkatkan finansial, dalam hal pendidikan, dalam hal perubahan sikap, dalam hal perasaan, serta cita-cita yang tidak berhubungan dengan bidang psikologi.


Keywords


Cita-Cita, Emerging Adulthood, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aldrian, A. I. A., Hidayah, N., Kurniati, S. B., Amanda, M., & Hidayatullah, S. (2020). POCITA: Mengenalkan Cita-Cita dan Lingkungan Sejak Dini. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 181–186.

Arnett, J. J. (2014). Emerging adulthood: The winding road from the late teens through the twenties. Oxford University Press.

Arnett, J. J. (2015). The Oxford Handbook of Emerging Adulthood. Oxford University Press.

Creswell, john w. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. International Journal of Physiology.

Del Corso, J. J. (2017). Counselling young adults to become career adaptable and career resilient. In Psychology of Career Adaptability, Employability and Resilience. Springer.

Galanaki, E., & Leontopoulou, S. (2017). Criteria for the transition to adulthood, developmental features of emerging adulthood, and views of the future among greek studying youth. Europe’s Journal of Psychology. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i3.1327.

Ginzberg, E., Ginsburg, S. W., Axelrad, S., & Herma, J. L. (1951). Occupational Choice. New York.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ) (C. S. Rahayu (ed.); Cetakan Pe). Hidayatul Quran Kuningan.

Hertig, C. A., Powell, K., & Richardson, C. (2019). Career planning. In The Professional Protection Officer: Practical Security Strategies and Emerging Trends. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-817748-8.00045-6.

Ismail, S., Ferreira, N., & Coetzee, M. (2016). Young Emerging Adults’ Graduateness and Career Adaptability: Exploring the Moderating Role of Self-Esteem. Journal of Psychology in Africa. https://doi.org/10.1080/14330237.2016.1148417.

Marshall, E. A., & Butler, K. (2015). School-to-work transitions in emerging adulthood. In The Oxford Handbook of Emerging Adulthood.

Martini, M., & Nengsih, R. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak Panti Asuhan Melalui Pohon Cita-Cita. Education and Learning Journal, 1(1), 74–81.

Muhajir, M., Sulaiman, R., & Ismail, U. (2019). Sinkronisasi Bakat dan Cita-Cita Mahasiswa Angkatan 2016 dalam Memilih Jurusan di Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1776.

Müller-Bloch, C., & Kranz, J. (2015). A Framework for Rigorously Identifying Research Gaps in Qualitative Literature Reviews. 2015 International Conference on Information Systems: Exploring the Information Frontier, ICIS 2015.

Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) Sebagai Inovasi Pemberdayaan Perempuan. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45.

Pangastuti, P. A. D. (2017). Pengaruh Dasar Karir (Carrier Anchor) terhadap Perencanaan Karir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 sebagai Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19988.

Permana, M. Z. (2020). Pengembangan Identitas Baru: Konsep Perluasan Diri dalam Relasi Interpersonal. Psikologi Untuk Indonesia: Isu Isu Terkini Relasi Sosial Dari Intrapersonal Hingga Interorganisasi, 43.

Ranta, M., Dietrich, J., & Salmela-Aro, K. (2014). Career and Romantic Relationship Goals and Concerns During Emerging Adulthood. In Emerging Adulthood. https://doi.org/10.1177/2167696813515852.

Sawitri, D. R., Fatmasari, A. E., & Perdhana, M. S. (2020). Diskrepansi Cita-Cita dengan Orangtua, Harga Diri, dan Keraguan Mengambil Keputusan Karir pada Siswa SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MILLENEIAL 5.0 FAKULTAS PSIKOLOGI UMBY.

Shorey, H. S., Little, T. D., Snyder, C. R., Kluck, B., & Robitschek, C. (2007). Hope and personal growth initiative: A comparison of positive, future-oriented constructs. Personality and Individual Differences. https://doi.org/10.1016/j.paid.2007.06.011.

Stoddard, S. A., Zimmerman, M. A., & Bauermeister, J. A. (2011). Thinking About the Future as a Way to Succeed in the Present: A Longitudinal Study of Future Orientation and Violent Behaviors Among African American Youth. American Journal of Community Psychology. https://doi.org/10.1007/s10464-010-9383-0.

Swert, K. De. (2012). Calculating inter-coder reliability in media content analysis using Krippendorff ’ s Alpha. University of Amsterdam.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v20i1.24803

Article Metrics

Abstract view : 510 times
PDF - 498 times

Copyright (c) 2022 Muhammad Zein Permana, Fellia Lesthari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.