HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 91 JAKARTA TIMUR

Abdur Rohman, Andri Kosala, Nessa Hamdani

Abstract


Indonesia saat ini sedang mengalami krisis dalam bidang nilai dan moral pada generasi remaja, khususnya pada lingkungan sekolah. Lingkungan yang tidak mendukung dan pola asuh yang buruk dapat berkontribusi pada penurunan motivasi berprestasi di sekolah. Penurunan motivasi berprestasi yang ditinjau dari fenomena ini adalah hal menarik. Penelitian dengan judul “Hubungan Pola Asuh demokratis dan Kecenderungan Perilaku Agresif dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas XI IPS Jakarta Timur”, memiliki rumusan masalah apakah ada hubungan antara pola asuh demokratis terhadap motivasi berprestasi, kecenderungan perilaku agresif terhadap motivasi, serta pola asuh demokratis dan kecenderungan perilaku agresif terhadap motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS SMAN 91 di Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan ketiga variable dan mengetahui seberapa besar hubungannya. Penelitian ini menggunakan metode angket dengan menggunakan skala Likert. Adapun  sumber data yang digunakan adalah skala motivasi berprestasi, skala pola asuh demokratis, dan skala kecenderungan perilaku agresif. Data akan dianalisa dengan metode korelasi ganda. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara pola asuh demokratis dan kecenderungan perilaku agresif tehadap motivasi berprestasi. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan kompetensi dalam mempertahankan motivasi siswa

Keywords


Motivasi berprestasi, pola asuh, agresivitas

Full Text:

PDF

References


Anantasari. (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius

Azwar, S. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Azwar, S. (2005). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Baron, R. G. & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Blokland, E. A. W. D., Engels, R. C. M. E., & Finkenauer, C. (2001). Parenting-styles, self control and male juvenile delinquency. Dalam M. Martinez (Ed), Prevention and control of aggression and the impact on its victims (pp. 201). Newyork: Kluwer Academic.

Chourmain, M. A. S. I. (2008). Acuan Normatif Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Al-HaramainPublishing House

Dimyati & Mudjiono. (n.d.). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fromm, E. (2004). Masyarakat Bebas Agresivitas. Maumere: Ledalero

Goldstein, S. E., Young, A., & Boyd, C. (2008). Relational Aggressional at School: Association with school safety and social climate [Versi elektronik]. Journal Youth Adolscence, 37, 641-654.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Handoko, M. (1992). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius

Handoko, H. & Reksohadiprodjo, S. (1996). Organisasi Perusahaan. Yogyakarta: BPFE

Hardre, P. L., Sullivan, D. W., & Crowson, H. M. (2009). Student Characteristics and Motivation in Rural High School [Versi elektronik]. Journal Research in Rural Education, 24(16), 1-19

Harefa, A. (2000). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas

Kerlinger, F. N. (2004). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Krahe, B. (2005). Perilaku Agresif. Yogyakarta: Balai Pustaka

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana

Lopez, E. E., Perez, E. M.,Ochoa, G. M., & Ruiz, D. M. (2008). Adolscence Aggression: Effects of gender and family and school environment [Versi elektronik]. Journal of Adolscence, 31, 433-350.

Megawangi, R. (2010). Membangun Karakter Anak melalui Brain-based Parenting. Depok: Indonesia Heritage Foundation

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Purwanto, Y. & Mulyono, R. (2006). Psikologi Marah: Perspektif Psikologi Islami. Bandung: Refika Aditama

Rymm, S. (1997). Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia

Sadarjoen, S. S. (2005). Jiwa yang Rentan: Pernak-pernik Permasalahan Kepribadian, Kejiwaan, dan Stress. Jakarta: Kompas

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Erlangga

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo

Sarwono, S. W. (2002). Psikologi Sosial: Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2002). Motivation in Education: Theory, Research, and applications. New Jersey: Pearson International Education

Semiawan, C. (2002). Pembangunan keluarga dalam era global. Jakarta: Prenhallindo IKAPI

Semmelroth, C. (2005). The Anger Habit in Parenting: Terapi Menghilangkan Kebiasaan Marah kepada Anak. Bandung: Kaifa

Shochib, M. (1998). Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin. Jakarta: Rineka Cipta

Suciati. (2015). Psikologi Komunikasi: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Perspektif Islam. Yogyakarta: Buku Litera

Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sulastri, U. (2015). Golden Touch Parenting. Jakarta: Adi Bintang IKAPI

Surna, I. N. (2015). Pengembangan Diri. Jakarta: Fakultas Psikologi UPI YAI

Surya, H. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas

Suryabrata, S. (2003). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grafindo

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Kompas

http://agresivitaspsikologi.blogspot.co.id/2014/12/agresivitas_23.html

http://anaksholehaqiqah.blogspot.co.id/2015/03/prinsip-pola-asuh.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_manusia

http://kbbi.web.id/cenderung.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.28517

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 182 times

Copyright (c) 2021 Abdur Rohman, Andri Kosala, Nessa Hamdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.