PENGENALAN ANGKA KEPADA ANAK USIA 6 TAHUN DENGAN MEDIA KARTU

Geraisa Dayura Chanet, Adnani Budi Utami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab anak usia 6 tahun sulit mengenal angka-angka dasar dan bagaimana cara mengatasinya. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan desain kasus tunggal (single case experiement) dengan pemberian intervensi yaitu pengenalan angka dengan media kartu dan pendampingan. Pelaksanaan intervensi dilakukan di rumah subjek selama 1 jam sebanyak 6 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh selama 6 kali pertemuan subjek dapat mengenal simbol angka 1-10 namun untuk simbol belasan subjek masih cenderung salah penyebutannya dan subjek mebutuhkan konsentrasi untuk dapat mengingat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah subjek dapat lebih cepat mengenal angka dengan bantuan media dalam kegiatan belajarnya sehingga subjek dapat belajar dengan senang dan tidak merasa kesulitan.


Keywords


tahap perkembangan; anak usia dini; kesulitan belajar; kesulitan mengenal angka

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 7, Nomor 1, hal: 33-48.

Ahyani, L & Raharjo, T. 2011. Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Pendidikan Usia Dini. Staf Pengajar Fakultas Psikologi. Universitas Muria, Kudus.

Anisa, Siti. 2005. Kontribusi Pola Asuh Orang tua terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Anwar, Rahmad. 2011. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Usia Dini (Tingkat Pra Sekolah/Tk) Dan Alternatif Pemecahannya. GUIDENA, Vol.1, No.1, hal 63-72

Lestari , S. 2012. Psikologi keluarga : penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: kencana

Montessori, Maria. 2008. The Absorbent Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Najib, M. Agus, Azhar, Evi, S., dkk. 2005. Membangun Keluarga Sakinah Nan Maslahah : Panduan Bagi Keluarga Islam Modern. Yogyakarta : PSW UIN SUNAN KALIJAGA

Novikasari, Ifada. 2016. Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol 2 (1), hal: 1-16.

Purnamasari, Aravita. Kamus Perkembangan Bayi & Balita, Jakarta: Erlangga, 2005.

Rahman, U. 2009. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol 12 (1). Hal: 46-57.

Rizkiyah, H. 2015. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Dusun Kalikajang Kelurahan Gebang Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.

Suarsini, Desy. 2013. Pola Asuh Orang Tua, Artikel (online)(http;//desysuar.blogspot.com, diakses 10 Desember 2013)

Sumantri, M. 2014. Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. Universitas Terbuka 1. Hal: 1-52

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosda, 2004.

Yus, Anita. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30438

Article Metrics

Abstract view : 393 times
PDF - 169 times

Copyright (c) 2021 Geraisa Dayura Chanet, Adnani Budi Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.