PERAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP REAKSI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWI BARU PASCA PANDEMIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial terhadap reaksi stres akademik pada mahasiswi baru pasca pandemik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan dengan teknik regresi sederhana. Subjek pada penelitian ini berjumlah 311 mahasiswi baru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu incidental sampling, dan analisis data dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala yang sudah di susun oleh peneliti sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran negatif (-0.130) dengan signifikansi p = 0.000 (p<0.05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peran negatif antara dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswi baru pasca pandemik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agolla, J.E, & Ongori, H. (2009). An assasment of academic stress among undergraduate student. Academic Journal, Educational research and review vo. 4 (2). Pp. 063- 067
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139-149. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (studi fenomenologis pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP). Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 1-13. . https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-13
Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar. S. (2013). Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar. S. (2017). Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar
Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68-75. DOI : https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95-99. DOI : https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005
Baste, V. S., & Gadkari, J. V. (2014). Short Communication Study of stress, self-esteem and depression in medical students and effect of music on perceived stress. Indian J Physiol Pharmacol, 58(3), 296-299.
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. Health psychology open, 2(2), 2055102915596714. DOI : doi/full/10.1177/2055102915596714
Calaguas, G. M. (2011). College Academic Stress: Differences along Gender Lines, 1(5), 194–201. Retrieved from https://www.academia.edu
Cutrona, C. E., & Russell, D. W. (1987). The provisions of social relationships and adaptation to stress. Advances in personal relationships, 1(1), 37-67.
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115-130. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Goff A.M (2011). Stressor, academic performance and learned resourcefullness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 8,923 ± 1548. DOI:10.2202/1548-923X.2114
Jannah, S. M., & Widodo, P. B. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran jarak jauh akibat covid-19 (Doctoral dissertation, Undip).
Kaul & Cavanaug. (2000). Human Development: a life span view. Wadswoth. USA.
Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). " Learning Task" Attributable to Students' Stres During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208. http://dx.doi.org/10.32584/jikj.v3i2.590
Looker, T., & Gregson, O. (2005). Managing stress: Mengatasi stres secara mandiri. Yogyakarta: Baca.
Lubis, R. A. Mukhtar, D.S. (2021). Hubungan E-Readiness dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Daring dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.
Muhtar, N. S. C. (2021). Dukungan Sosial, Efikasi Diri Pembelajaran Daring Dan Stres Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19.
Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296-302. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2016.15224
Olejnik, S. N., & Holschuh, J. P. (2007). College rules: How to study, survive, and succeed.
Procidano, M.E., & Heller, K. (1983). Measures of perceived sosial support from friends and from family: Three validation studies. American Journal of Community Psychology, 11(1), 1-24. http://dx.doi.org/10.1007/BF00898416
Rosyidah, I. (2020). Gambaran tingkat stres akademik mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas keperawatan unhas. Jurnal ABDI (Sosial, Budaya dan Sains), 2(1).
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2017). Health psychology: Biopsychosocial interaction 9th edition. Haboken, Nj: John Wiley & Sons Inc
Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology Biopsychosocial Interactions (5th ed). USA : John Willey & Sons Inc
Suwinyatichaiporn, T., & Johnson, Z. D. (2020). The impact of family and friends social support on Latino/a firstgeneration colllege students’ perceived stress, depression, and social isolation. Journal of Hispanic Higher Education, 1-18. https://doi.org/10.1177/1538192720964922
Walker , J. (2002). Teens in distress series adolencent stress and depression. University of Minnesota.
Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus Psikologi Pendidikan, 164-173.
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2.41108
Article Metrics
Abstract view : 604 timesPDF - 756 times
Copyright (c) 2022 Ria Handita NST, Desvi Yanti Mukhtar, Ika Sari Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.