Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Siswa di SMP Negeri Satu Atap Kusuri

Meidy D. Ar Noya, Ferderika Selvana Pangandaheng

Abstract


Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan konsep diri siswa di SMP Negeri Satu Atap Kusuri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri Satu Atap Kusuri yang berjumlah 267 orang siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Pengumplan data kedua variabel penelitian ini menggunakan angket yang sudah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Kusuri kepada 100 responden atau sampel diperoleh melalui analisis  data uji hipotesis menunjukan bahwa perolehan nilai koefisien korelasi (pearson product moment)  sebesar nilai 0,812. Hal ini berarti 0,812  >0,70 menunjukan bahwa tidak ada korelasi atau hubungan yang antara keharmonisan keluarga dengan konsep diri siswa.


Keywords


Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrizal. Bingkai Keharmonisan Rumah Tangga, (Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2015).

Awi, dkk. 2016. Aspek-Aspek Keharmonisan Keluarga. Diunduh dari: https://www.dictio.id/t/apa-saja-aspek-aspek-keharmonisan keluarga/121474. Tobelo, 25 April 2021

Agoes. 2011. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Diunduh dari: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/download/451/419. Tobelo, 22 juni 2021. Pukul 12:30 pm.

Brooks dan Emmert. 2011. Mengenai konsep diri positif dan negatif. Diunduh dari :http://repository.upi.edu/33475/5/S_PPB_1307068_Chapter2.pdf. Tobelo, 25 April 2021

Desmita. 2012. Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fauzi, R. 2014. Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Perkembangan Moral Siswa Kelas IV dan V di MI Darul Falah Ngrangkok Klampisan Kandangan Kediri. Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 76–93

Ghufron dan Risnawita, R.S. 2010. Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Gunarsa, Y. S. D., & Gunarsa, S. D. 2012. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Libri.

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawita S. 2010. Teori – Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup diunduh dari jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/download/8347/5145 PDF file. Tobelo, 4 Mei 2021 pkl: 11:22

Hurlock, E. B. (2014). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi ke-5). Alih Bahasa: Istiwadayanti & Sijabat, Max. R. Jakarta: Erlangga.

Howel. 2011. Populasi. https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-populasi-menurut-para-ahli/ diunduh pada Tobelo, 03 juni 2021 pada pukul 00:59.

Indrawati. 2011. Hubungan antara tingkat keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 1 bergas tahun 2010-2011.

Iman. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Muniriyanto & Suharnan. 2014. Keharmonisan Keluarga, Konsep diri, Dan Kenakalan Remaja. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 3, No. 02, Hal. 156-164.

Mardhiyah, K. Z., & Indianti, W. 2018. Mediasi Konsep diri akademik dalam peran regulasi diri belajar terhadap komitmen kepada pilihan karir siswa SMA. Jurnal Psikologi Insight, 2(2).

Rakhmat. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusmawati & Hadi. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Demak. Jurnal Empati, Volume 8 (Nomor 2), Agustus 2019, halaman 26-32 diunduh dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/. Tobelo, 13 juni 2021, pukul 00:35

Rakhmawati, I. 2015. Peran Keluarga dalam Pengasuhan anak. Jurnal KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 6, No. 1, Juni 2015

Sobur, A. 2016. Psikologi Umum edisi revisi. Bandung: Pustaka Setia.

Subaryana. 2015. Konsep diri dan prestasi belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 7(2).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani & Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono & Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL: Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Taniredja & Mustafidah. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, D., & Arsana, I. 2014. Peran keluarga dalam membina sopan santun anak didesa galis kecamatan galis kabupaten pamekasan. Kajian Moral dan Kewarnegaraan, 1 (2), 290-304.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2.41205

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 163 times

Copyright (c) 2022 Meidy D. Ar Noya, Ferderika Selvana Pangandaheng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.