Gambaran Parenting Stress dan Cooping Stress Pada saat Pertama Kali Orangtua Mengetahui Anaknya merupakan Anak Berkebutuhan Khusus

Nur Asra Paputungan

Abstract


Penelitian mengenai anak berkebutuhan khusus sampai dengan saat ini masih menjadi isu yang menarik untuk dikaji, banyak penelitian mengenai anak berkebutuhan khusus yang telah dipublikasikan di berbagai negara. Pada umumnya penelitian tersebut berfokus pada faktor personal anak berkebutuhan khusus itu sendiri, dan juga pada faktor keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dari orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus ketika pertama kali mereka mengetahui kondisi anaknya, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai penanganan awal yang akan dilakukan oleh seorang psikolog atau human service lainnya ketika memberikan konseling atau terapi dalam kasus orang tua yang serupa. Penelitian ini dilakukan berfokus pada gambaran parenting stress dan cooping stress yang dilakukan orangtua pada saat pertama kali mengetahui anaknya merupakan anak berkebutuhan khusus, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif berupa wawancara. Partisipan yang menjadi subjek penelitian ini merupakan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus 4-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa orang tua saat pertama kali mengetahui anaknya merupakan anak berkebutuhan khusus mengalami parenting stress, tetapi dalam hal ini mereka akan menyelesaikan dengan cooping stress yang berfokus pada masalah.


Keywords


Parenting Stress; Cooping Stress; Children with Special Needs

Full Text:

PDF

References


Ahern, L., S. (2004). Psychometric Properties of The Parenting Stress Indexs: Constuct validity and normative data in large non-clinical sampel. British Journal of Clinical Psychology, 44, 227-239.

Dardas, L. A. & Ahmad, M. M. (2013). Psychometric properties of the parenting stress index with parents of children with autistic disorder. Journal of Intellectual Disability Research, 58 (6), 560-571.

Deater-Deckard, K. (2004). Parenting Stress. New Haven : Yale University Press.

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga

Lambrechts, Greet., Leeuwen, K. V., Boonen, Hannah., Maes, Bea., Noens, Ilse. (2011). Parenting behaviour among parents of children with autism spectrum disorder. Research in Autism Spectrum Disorder, 5, 1143–115

Lyons, A. M., Leon, S. C., Phelps, C. E. R., & Dunleavy, A. M. (2010). The impact of child symptom severity on stress among parents of children with asd: The moderating role of coping styles. Journal of Child and Family Studies, 19, 516524.

Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology Biopsychosocial Interactions (5th ed). USA : John Willey & Sons Inc.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.44240

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 20 times

Copyright (c) 2023 Nur Asra Paputungan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.