HUBUNGAN ANTARA PETER PAN SYNDROME DAN PERSEPSI TERHADAP INNER CHILD PADA DEWASA MUDA

Sandy Kartasasmita, Vincent Christopher, Lakeisha Chienara, Anastasia Stefanie, Marlyn Pribadi

Abstract


Peter Pan syndrome menggambarkan pola perilaku di mana individu tidak mau untuk tumbuh dewasa secara emosional dan menghindari tanggung jawab dewasa, sedangkan konsep inner child mencerminkan aspek dalam diri individu yang terkait dengan pengalaman, perasaan, dan kebutuhan masa kanak-kanak. Penelitian memiliki tujuan melihat suatu hubungan positif antara Inner Child dengan Peter Pan Syndrome melalui pendekatan kuantitatif. Peter Pan Syndrome berdasarkan pada teori Kiley (1997), konsep Peter Pan Syndrome digunakan untuk mengidentifikasi seorang yang tidak memenuhi karakteristik orang dewasa pada umumnya.dan Inner Child berdasarkan teori Bradshaw (1992), Inner Child terbentuk dari pengalaman atau kejadian di masa lalu seseorang yang belum tertangani dengan baik. Data akan dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur kebutuhan Inner Child dan gejala Peter Pan syndrome. Partisipan penelitian akan terdiri dari laki – laki dewasa berusia 25 – 30 tahun di daerah Jabodetabek. Hasil analisa korelasi akan digunakan untuk menguji hubungan antara kebutuhan Inner Child dan Peter Pan syndrome. Analisis data menggunakan program IBM SPSS versi 25 dan melakukan uji korelasi Pearson yang hasilnya terdapat hubungan positif antara Inner Child dengan Peterpan Syndrome (r = 0.728, p = 0.000) Berdasarkan hasil uji korelasi, antara Inner Child dan Peterpan Syndrome berhubungan. Implikasi penelitian ini dapat membantu pengembangan intervensi yang lebih terarah dan efektif untuk mendukung individu dengan Peter Pan syndrome dalam mengembangkan kedewasaan emosional dan mengatasi tantangan kehidupan dewasa.

Keywords


Dewasa Awal; Inner Child; Peter Pan Syndrome

Full Text:

PDF

References


Begini Kondisi Kakak Beradik di Sinjai yang Diduga Alami Sindrom Peter Pan. (n.d.). Retrieved May 23, 2023, from https://regional.kompas.com/read/2020/07/31/14580071/begini-kondisi-kakak-beradik-di-sinjai-yang-diduga-alami-sindrom-peter-pan

Cabrera, N. J. (2020). Father involvement, father-child relationship, and attachment in the early years. Attachment and Human Development, 22(1), 134–138. https://doi.org/10.1080/14616734.2019.1589070

Gülsüm, S., & Zeynep, M. T. (2019). The relationship between self-sabotage and organizational climate of schools. Educational Research and Reviews, 14(15), 541–550. https://doi.org/10.5897/err2019.3784

Kalkan, M., Batık, M. V., Kaya, L., & Turan, M. (2019). Peter Pan Syndrome “Men Who Don’t Grow”: Developing a Scale. Https://Doi.Org/10.1177/1097184X19874854, 24(2), 245–257. https://doi.org/10.1177/1097184X19874854

Han, W.-H. (2020). The Study on Compulsive Buying as Self-Defeating Behavior : Focused on Social Exclusion Factor. The East Asian Journal of Business Management, 8(2), 57–68. https://doi.org/10.20498/eajbe.2020.8.2.57

Kaplan, V. (2023). Mental Health States of Housewives: an Evaluation in Terms of Self-perception and Codependency. International Journal of Mental Health and Addiction, 21(1), 666–683. https://doi.org/10.1007/s11469-022-00910-1

Majer, R., Simon, V., Csiba, L., Kardos, L., Frecska, E., & Hortobagyi, T. (2019). Behavioural and psychological symptoms in neurocognitive disorders: Specific patterns in dementia subtypes. Open Medicine (Poland), 14(1), 307–316. https://doi.org/10.1515/med-2019-0028

Petrillo, M., Thomas, M., & Hanspal, S. (2019). HEALING TRAUMA EVALUATION REPORT. www.onesmallthing.org.uk

Surianti. (2022). Inner Child: Memahami dan Mengatasi Luka Masa Kecil. MIMBAR Jurnal Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 8(2). http://journal.iaimsinjai.ac.id/indeks.php/mimbar




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.48109

Article Metrics

Abstract view : 404 times
PDF - 524 times

Copyright (c) 2023 Sandy Kartasasmita, Vincent Christopher, Lakeisha Chienara, Anastasia Stefanie, Marlyn Pribadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.