Pengaruh Konseling Individual Teknik Rasional Emotive Therapy Terhadap Perasaan Cemas Anak Berada Jauh Dari Orang Tua (Pada Anak Korban Erupsi Sinabung) Di Sekolah SMP Negeri 1 Atap Payung kelas VII T.A 2015/2017

Dwi Bangunita Br. Bangun, Prof. Dr Asih Menanti, MS, S.Psi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Individual Teknik Rasional Emotive Therapy Terhadap Perasaan Cemas Anak Berada Jauh Dari Orang Tua ( Pada Anak Korban Erupsi Sinabung) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Atap Payung T.A 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 20 orang siswa yang terdiri dari 6 orang termasuk kategori kecemasan Tinggi, dan 14 orang dengan kategori kecemasan rendah. Peringkat kecemasan mereka dilihat dari hasil pengolahan data pre-test. Instrumen yang digunakan adalah skala kecemasan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling individual teknik RET. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling individual teknik RET berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman tentang kecemasan  pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payung T.A 2015/2016. Hal ini tergambar dari hasil Uji Wilcoxon,diperoleh nilai Jhitung = 15  yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n=10,  adalah 6 (Jtabel). Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung  > Jtabel  = (15 > 8). Penurunan kecemasan pada siswa dari 145 menjadi 71 meningkat sebesar 57.7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecemasan pada siswa mengalami penurunan sesudah mengikuti kegiatan konseling individual teknik RET.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v9i2.5336

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 9 times

Copyright (c) 2016 Dwi Bangunita Br. Bangun, Prof. Dr Asih Menanti, MS, S.Psi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.