Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Dalam Menurunkan Pornografi di Kalangan Siswa SMA

Maulida Fitri, Firman Firman, Netrawati Netrawati, Mohd Nazri Abdul Rahman

Abstract


Pornografi dianggap sesuatu yang lumrah dan merupakan bagian dari arus globalisasi zaman saat ini. Pornografi berdampak negatif terhadap perubahan sikap dan perilaku karena orang cenderung melakukan apa yang mereka lihat pada konten pornografi. Pornografi juga dapat membuat pelakunya mengalami kecanduan atau adiksi. Layanan konseling menangani banyak kasus pornografi. Salah satu jenis konseling yang diberikan kepada individu yang memiliki kecenderungan pornografi adalah konseling informasi menggunakan pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT). Dalam artikel ini akan membahas manfaat CBT dalam mengurangi kecenderungan pornografi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur  dari penelitian-penelitian sebelumnya dan temuan lain yang relevan, dimana data didapat dari mengidentifikasi masalah penelitian, mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan topik, dan mengevaluasi kerangka teori yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.Metode analisis yang digunakan adalah analisi content. Temuan penelitian ini menunjukkan CBT dapat membantu siswa untuk menjauhi pornografi. Beberapa penelitian sebelumnya telah menggunakan metode ini untuk mengatasi pornografi. Layanan dan teknik ini efektif digunakan dalam kasus pornografi dikarenakan CBT dapat membantu siswa untuk mengubah perilaku dan pola pikir mereka tentang pornografi, sedangkan layanan informasi dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pornografi, dan CBT dapat membantu siswa menerapkan pengetahuan dan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Layanan Informasi, Cognitive Behavioral Therapy, Pornografi

Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press.

Beck, J. S., & Beck, A. T. 2011. Cognitive Behavioral Therapy: Cognitive Basics and Beyond. (2nd ed.). New York, NY, US: Guilford Press.

Bungin. 2007. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Corey, G. 2012. Theory & Practice of Group counseling eight edition. Canada Nelson Education, Ltd.

Crosby. 2016. A Randomized Trial of Acceptance and Commitment Therapy for Problematic Internet Pornography Use. Journal for Re Attach Therapy and Developmental Diversities. Vol 47 No 33. 355-366.

Dianti. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok CBT menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terhadap peningkatan harga diri siswa. Suluh Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 12 No 3. 1-9.

Firman. 2018. Pencegahan Pelecehan Seksual Remaja Melalui Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Vol 1 No 1. 1-5.

Farida. 2008. Konseling Sebaya untuk meningkatkan Efikasi iri Remaja terhadap Perilaku Beresiko. Suluh Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 9 No 1. 16-25.

Ficanysha. 2023. Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Pada Matematika. Suluh Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 8 No 1. 16-25.

Hariko, Firman, et,al. 2023. Group Guidance E-Book Utilizing Comic Webtoon Using Cognitive Behavior Therapy Approach in Improvement of Self-Identity towards Decreasing Adolescent Aggressiveness. Journal for Re Attach Therapy and Developmental Diversities. Vol 6 No 1. 170-177.

Hawari, D. 2002 . Konsep Agama (Islam) Menanggulangi HIV/AIDS. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Lewczuk. 2023. Differences in the amount of porn content consumed and the length of time spent using it in relation to symptoms of problematic sexual behavior and treatment seeking. MEN'S SEXUAL HEALTH. Vol 1 No 1. 41-49

Narullita. 2022. Penerapan CBT dan ACT untuk mengurangi kecanduan game online pada remaja di Kabupaten Bungo. JURNAL ENDURANCE: KAJIAN ILMIAH PROBLEMA KESEHATAN. Vol 7 No 3.

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Sari, et,al. (2022). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Global Eksekutif Teknologi

Sugiono, P. D. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soebagijo, A. 2004. Pornografi Dilarang tapi Pacaran tapi Dicari. Jakarta: Gema Insani.

Sharma. 2023. 1. Case-based evidence supporting the use of naltrexone and cognitive behavioral therapy to treat internet pornography. Asian Journal Of Psychiatry. Vol 68 No 21. 213-219.

Sarwono, S.W. 2006. Seksualitas dan Fertilitas Remaja. Jakarta: CV Rajawali.

Santrock, J.W. 2007. Adolesence (Remaja) (Edisi ke-11). Terjemahan oleh Soedjarwo. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sartika. 2016. Dinas P3AKB. Dampak Mengerikan serta Solusi bagi pecandu Pornografi. Bandung: Badan Pemberdayaan Perempuan Perlidungan Anak dan Keluarga Berencana.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. 2019. Implementasi Pendidikan Kebencanaan Di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka Tentang Problematika dan Solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154.

Winata. 2022. Model Panduan Konseling Berbasis E-Modul: Inisiatif Pencegahan Pornografi di Kalangan Siswa SMP Negeri 1 Muratara. Suluh Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 8 No 1. 16-25.

Wahyudi. 2023. Efektivitas Layanan Konseling Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Mereduksi Perilaku Self Injury Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 32 No 9. 21-29.

Winkel, W.S. 2011. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wilding, C., & Milne, A. 2013. Cognitive Behaviot Therapy (terj: Ahmad Fuadi). Jakarta: Indeks.

Zed, M. 2004. Metode Peneletian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.60224

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 84 times

Copyright (c) 2024 Maulida Fitri, Firman Firman, Netrawati Netrawati, Mohd Nazri Abdul Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.