Hubungan Kohesivitas Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X di SMAN 3 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v18i1.66870Keywords:
Kohesivitas, Penyesuaian Diri, SiswaAbstract
Masalah penyesuaian diri di lingkungan sekolah merupakan sebuah tantangan yang dialami oleh remaja, terutama ketika remaja menghadapi tekanan sosial yang berasal dari kelompok teman sebaya. Tekanan sosial dari kelompok teman sebaya yang negatif dapat menghambat kemampuan remaja untuk menyesuaikan diri secara baik. Kurangnya kohesivitas dengan teman sebaya merupakan salah satu hal yang mempengaruhi penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kohesivitas terhadap penyesuaian diri pada siswa kelas X di SMAN 3 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi utama penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 3 Pontianak yang berjumlah 358 siswa dengan sampel sebanyak 95 siswa. Adapun cara pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kohesivitas dan skala penyesuaian diri. Analisis data dilakukan menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0.000<0.05, yang berarti terdapat hubungan kohesivitas terhadap penyesuaian diri dengan nilai r = 0,559 yang menunjukkan hubungan yang positif dengan taraf korelasi yang sedang. Hal ini menunjukkan semakin tinggi kohesivitas semakin tinggi pula penyesuaian diri pada siswa, sebaliknya semakin rendah kohesivitas semakin rendah pula penyesuaian diri siswa.References
Denelson R, F. (2010). Group Dyanmics. Cole-Wadsworth.
Faturochman. (2009). Psikologi Sosial. Pustaka.
Gresia, S., Komalasari, G., & Karsih, K. (2014). SELF ESTEEM KORBAN BULLYING (Survey Kepada Siswa-siswi Kelas VII SMP Negeri 270 Jakarta Utara). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 115. doi.org/10.21009/insight.032.20
Haber, A & Runyon, R. . (1984). Psychology of Adjusment. Illinois: De Dorsey Press.
Jelpa Periantalo. (2016). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Pustaka Pelajar.
Kenedi, M. Z. & G. (2020). HUBUNGAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 KOTA PADANG. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 6(2), 157–164.
M. Nur Ghufron & Rini Risnawati. (2016). Teori-teori Psikologis. Ar-Ruzz Media.
Noviandari, H. (2021). Penyesuaian Diri Remaja Terhadap Lingkungan Baru. CV. Pena Persada.
Nur Endah Safitri. (2018). PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI ORANG TUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS V THE EFFECTS OF PARENT INTERACTION’S INTENSITY AND PEER FRIENDS ON SELF-ADJUSTMENT OF 5th GRADE STUDENTS. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 695–704.
Nuryani. (2019). DAMPAK KESULITAN MENYESUAIKAN DIRI PADA SANTRI. Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 174–179.
Putri, H, S., Febriana, B., & Setyowati, W, E. (2023). Hubungan Antara Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying (Korban) Pada Remaja The Correlation Between The Role Of Peer Group And Bullying Behavior (Victims) In Teenagers. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 05, 263–270.
Putri, D. R., & Dewi, N. (2019). Kohesivitas Kelompok Teman Sebaya, Gender, dan Kesehatan Mental pada Siswa di SMP Negeri 2 Surakarta. Keperawatan Indonesia, 12(2), 171–178.
Putri, H. J. S., Rakhmawati, D., & Maulia, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X SMA Lab School PGRI Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4484–4489.
Robbins, S. P., Judge, T. A., & Breward, K. E. (2016). Essentials of Organizational Behavior Canadian Edition.
Sari, D. (2023). Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik. In Sustainability (Switzerland). Umsida Press.
Vike Nur Aziza, E. W. M. (2023). Social Skills , Group Cohesiveness and Social Adjusment In Student Keterampilan Sosial , Kohesivitas Kelompok , dan Penyesuaian. Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–7.
Yusup Adi Saputro, R. S. (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X Yusup. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(1), 59. doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3270
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tiara Rahmayani, Nur Kur’ani, Riszky Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.