NILAI-NILAI EDUKATIF PANTUN DALAM TUNJUK AJAR MELAYU KARYA TENAS EFFENDY (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)

Hasni Raudati, Abdurrahman Adisaputera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai edukatif yang terdapat pada pantun dalam Tunjuk Ajar Melayukarya Tenas Effendy dan menentukan nilai edukatif yang paling dominan.Nilai-nilai edukatif yang dimaksud adalah nilai edukatif religius, nilai edukatif moral, nilai edukatif sosial, dan nilai edukatif budaya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deksriptif.

Hasil perolehan data ditemukan bahwa pantun dalam Tunjuk Ajar Melayu karya Tenas Effendy termasuk jenis pantun nasehat. Di dalam pantun-pantun tersebut terdapatsatu pantun yang mengandung nilai edukatif religius, 19 pantun mengandung nilai edukatif moral, 3 pantun mengandung nilai edukatif sosial, dan 4 pantun mengandung nilai edukatif budaya. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa pantun-pantun dalam Tunjuk Ajar Melayu karya Tenas Effendy lebih mengutamakan pendidikan moral tentang bagaimana seharusnya bersikap dan bertingkah laku sehari-hari baik dalam kehidupan pribadi ataupun bermasyarakat. Oleh karena itu, maka dapat diketahui bahwa nilai edukatif yang paling dominan adalah nilai edukatif moral.

 

Kata kunci: Nilai Edukatif, Pantun, Tunjuk Ajar Melayu,SosiologiSastra


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v7i3.10696

Article Metrics

Abstract view : 641 times
PDF - 2649 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Hasni Raudati, Abdurrahman Adisaputera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.