PENGARUH TEKNIK PENGELOMPOKAN KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pengelompokan kata terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 284 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara acak. Ke-60 siswa tersebut berdistribusi ke dalam dua kelas penelitian, yakni kelas X-IPS 2 (kelas eksperimen) dan X-IPA 5 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis karangan deskripsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa to yang diperoleh sebesar 6,5 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2) - 2 = (30+30) – 2 = 58. Pada ttabel dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,01. Hal itu berarti bahwa t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel (6,5>2,01). Artinya, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, teknik pengelompokan kata memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2013/2014.
Kata kunci: teknik pengelompokan kata, kemampuan menulis karangan deskripsi
Kata kunci: teknik pengelompokan kata, kemampuan menulis karangan deskripsi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i1.1501
Article Metrics
Abstract view : 319 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 widia susanti sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.