ANALISIS PRODUK PEMBELAJARAN MENULIS BAHAN AJAR BERBASIS KKNI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan analisis terhadap produk pembelajaran mata kuliah Menulis Bahan Ajar sesuai dengan KKNI. Adapun produk yang dianalisis adalah hand out, modul dan LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik). Ketiga produk tersebut disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa stambuk 2016 yang mengukti mata kuliah Menulis Bahan Ajar. Data dikumpulkan berdasarkan teknik penugasan dan ditegaskan dengan metode observasi dan wawancara tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai penulisan hand out ada pada grade A sebanyak 35,2 %, penulisan modul sebanyak 68,23%, dan penulisan LKPD sebanyak 72,9%. Artinya, mahasiswa sudah mampu menghasilkan produk dalam mata kuliah Menulis Bahan Ajar yang sudah disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Keywords
Kata kunci: KKNI, Bahan Ajar, Modul, Hand Out, LKPD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15439
Article Metrics
Abstract view : 495 timesPDF - 402 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Beslina Afriani Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.