PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BUKU NONFIKSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Hizriah Hasibuan
  • Fitriani Lubis

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15443

Keywords:

Kata Kunci, Pengembangan Bahan Ajar, Buku Nonfiksi, Validasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket, pada validasi ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan tanggapan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 tergolong dalam kategori œSangat Baik. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 87,3%, yang berkategori œSangat Baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Hasil penilaian dari ahli desain memperoleh skor 90,9% yang berkategori œSangat Baik. Kemudian hasil penilaian dari guru bidang studi bahasa Indonesia memperoleh skor 93% yang berkategori œSangat Baik. Diperkuat lagi dari hasil uji coba kelompok kecil yang memperoleh skor 79% yang berkategori œBaik, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor 85,14% berkategori œSangat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 Layak dan Efektif digunakan dalam pembelajaran. 

Downloads

Published

2019-11-22