PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BUKU NONFIKSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15443Keywords:
Kata Kunci, Pengembangan Bahan Ajar, Buku Nonfiksi, ValidasiAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket, pada validasi ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan tanggapan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 tergolong dalam kategori œSangat Baik. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 87,3%, yang berkategori œSangat Baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Hasil penilaian dari ahli desain memperoleh skor 90,9% yang berkategori œSangat Baik. Kemudian hasil penilaian dari guru bidang studi bahasa Indonesia memperoleh skor 93% yang berkategori œSangat Baik. Diperkuat lagi dari hasil uji coba kelompok kecil yang memperoleh skor 79% yang berkategori œBaik, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor 85,14% berkategori œSangat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 Layak dan Efektif digunakan dalam pembelajaran.Downloads
Published
2019-11-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2019 Hizriah Hasibuan, Fitriani Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.