Peningkatan Kemampuan Mentrasformasi Cerpen Menjadi Naskah Drama Menggunakan Metode Diskusi Siswa Kelas VIII-A SMP Kristen Hosana T.P 2018/2019

Santa Nova Manik, Ramadhan Saleh

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: proses, hasil, serta peningkatan pembelajaran kemampuan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama menggunakan metode diskusi kelas VIII-A SMP Kristen Hosana tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII-A SMP Kristen Hosana yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuaan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama menggunakan metode diskusi. Hasil tes yang dilakukan pada siklus I, ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 36,36%. Hasil tes pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,27%. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan pada tes kemampuan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama pada siklus I-siklus II sebesar 40,91%.Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpukan bahwa mengunakan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama siswa VIII-A SMP Kristen Hosana tahun 2018/2019.


Keywords


Kata kunci: Diskusi Kelas; Mentransformasi cerpen; drama.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15445

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF - 316 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Santa Nova Manik, Ramadhan Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.