Pengaruh Penerapan StrategiKecerdasan Majemukterhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apakah ada pengaruh yang signifikan
antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi dalam Kecerdasan Majemuk
dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori siswa kelas X SMA
Negeri 1Kisaran tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelasX SMA Negeri 1 Kisaran tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 328
orang.Sampel penelitian diambil dengan cara Purposive Sampel yaitu dengan menunjuk kelas
mana yang akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
untuk menjaring data adalah essay tes sebanyak satu butir soal.Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode ekserimen atau uji coba.Dari hasil perhitungan table t pada taraf
5% maupun 1% dengan df = (N1+ N2)-2 = (36+36)- 2 = 70. Pada table df = 70 diperoleh
taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Karena t0 yang diperoleh lebih
besar dari ttabel yaitu 2,00< 83,0> 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternative (Ha) diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi dalam kecerdasan majemuk dengan
strategi ekspositori.
Kata Kunci: Pengaruh–Strategi dalam Kecerdasan Majemuk- Menulis- Puisi
antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi dalam Kecerdasan Majemuk
dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori siswa kelas X SMA
Negeri 1Kisaran tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelasX SMA Negeri 1 Kisaran tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 328
orang.Sampel penelitian diambil dengan cara Purposive Sampel yaitu dengan menunjuk kelas
mana yang akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
untuk menjaring data adalah essay tes sebanyak satu butir soal.Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode ekserimen atau uji coba.Dari hasil perhitungan table t pada taraf
5% maupun 1% dengan df = (N1+ N2)-2 = (36+36)- 2 = 70. Pada table df = 70 diperoleh
taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Karena t0 yang diperoleh lebih
besar dari ttabel yaitu 2,00< 83,0> 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternative (Ha) diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi dalam kecerdasan majemuk dengan
strategi ekspositori.
Kata Kunci: Pengaruh–Strategi dalam Kecerdasan Majemuk- Menulis- Puisi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i2.1563
Article Metrics
Abstract view : 129 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 maharani nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.