PENERAPAN METODE PANGALIRAN IMAJI (IMAGE STREAMING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWAKELAS X SMANEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode imaji (image
streaming) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa
kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah
280 orang yang terbagi ke dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian berjumlah
40 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan instrumen yang
digunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa
menulis karangan narasi dengan menggunakan metode imaji (image streaming)
adalah 75,25 dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa
menulis karangan narasi sebelum menggunakan metode imaji adalah 63,87 dalam
kategori cukup.
Perhitungan uji hipotesis diperoleh to= 2,02yang dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan df = (N-1) = (40-1) = 39; pada
tabel t dengan dk = 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02 dan taraf signifikan
1% = 2,02. Artinya toyang diperoleh lebih besar daripada ttabel, yaitu 7,29>2,02.
Dengan demikian, Haditerima. Artinya metode imaji (image streaming)
berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA
Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci:metode pengaliran imaji(image Streaming),kemampuan menulis
streaming) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa
kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah
280 orang yang terbagi ke dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian berjumlah
40 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan instrumen yang
digunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa
menulis karangan narasi dengan menggunakan metode imaji (image streaming)
adalah 75,25 dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa
menulis karangan narasi sebelum menggunakan metode imaji adalah 63,87 dalam
kategori cukup.
Perhitungan uji hipotesis diperoleh to= 2,02yang dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan df = (N-1) = (40-1) = 39; pada
tabel t dengan dk = 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02 dan taraf signifikan
1% = 2,02. Artinya toyang diperoleh lebih besar daripada ttabel, yaitu 7,29>2,02.
Dengan demikian, Haditerima. Artinya metode imaji (image streaming)
berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA
Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci:metode pengaliran imaji(image Streaming),kemampuan menulis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i2.1564
Article Metrics
Abstract view : 168 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 maryam siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.