PENERAPAN METODE PANGALIRAN IMAJI (IMAGE STREAMING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWAKELAS X SMANEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.24114/ajs.v3i2.1564Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode imaji (imagestreaming) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswakelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah280 orang yang terbagi ke dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian berjumlah40 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan instrumen yangdigunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswamenulis karangan narasi dengan menggunakan metode imaji (image streaming)adalah 75,25 dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswamenulis karangan narasi sebelum menggunakan metode imaji adalah 63,87 dalamkategori cukup.Perhitungan uji hipotesis diperoleh to= 2,02yang dikonsultasikan dengantabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan df = (N-1) = (40-1) = 39; padatabel t dengan dk = 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02 dan taraf signifikan1% = 2,02. Artinya toyang diperoleh lebih besar daripada ttabel, yaitu 7,29>2,02.Dengan demikian, Haditerima. Artinya metode imaji (image streaming)berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMANegeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata Kunci:metode pengaliran imaji(image Streaming),kemampuan menulisDownloads
Published
2014-05-03
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2014 maryam siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.