PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

sri Yanti Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis terhadap Kemampuan
Menemukan Gagasan Utama dalam Wacana Argumentasi Siswa Kelas VII
SMP Negeri 1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran
2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2012/2013,
yang berjumlah 341 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 80
orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel bertujuan yaitu
menunjuk dua kelas.Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dengan model desain penelitian Post-test Only Control Design
Group. Nilai rata-rata kelas kontrol 68,65, sedangkan di kelas eksperimen
75,675. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan
menemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi dengan menerapkan
model kooperatif terpadu membaca dan menulis lebih tinggi daripada nilai
menemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi dengan menggunakan
model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji “t” didapatlah To 3,054 > Tt 2,65 maka Ho ditolak dan Ha
diterima membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis dengan kemampuan
menemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran
2012/2013.
Kata Kunci: Pengaruh-model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan
menulis-model pembelajaran konvensional-gagasan utama.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i3.1566

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.