PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI PADA SISWA KELAS XI SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

sri devi hariza

Abstract


Sri Devi Hariza. NIM 209311075. Pengaruh Penerapan Model Concept Sentence
terhadap Kemampuan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas XI SMK Multi Karya Medan.
Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Medan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dalam
menulis wacana narasi sebelum penerapan model pembelajaran concept sentence dan sesudah
diterapkan model pembelajaran concept sentence kelas XI SMK Multi Karya Medan.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 250 siswa kelas XI SMK Multi Karya Medan.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas
(kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum
eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen
disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.
Dari pengolahan data pre-test memiliki rata-rata 66,46, standar deviasi 10,95 dan
siswa termasuk kategori sangat baik sebanyak 3 orang atau 10%, kategori baik sebanyak 5
orang atau 16,66%, kategori cukup sebanyak 13 orang atau 43,33%, kategori kurang
sebanyak 6 orang atau 20% dan kategori sangat kurang sebanyak 3 orang atau 10%.
Kemudian pada hasil post test diperoleh nilai mean sebesar 78,43, standar deviasi sebesar
8,73 dan standar error sebesar 1,62. Adapun kategori pencapaian pada nilai post test adalah
sebagai berikut : kategori sangat baik sebanyak 9 orang atau 30%, kategori baik sebanyak 14
orang atau 46,66%, kategori cukup sebanyak 5 orang atau 16,67%, kategori kurang sebanyak
2 orang atau 6,67% dan kategori sangat kurang tidak ada sama sekali atau 0%.
Berdasarkan uji normalitas pre test memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,15. Ternyata
Lhitung <Ltabel yaitu 0,15 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis
wacana narasi dengan model Concept sentence berdistribusi normal. Post-test memperoleh
harga Lo (Lhitung) = 0,13. Ternyata Lhitung <Ltabel yaitu 0,13 < 0,161. Hal ini membuktikan
bahwa data hasil pembelajaran menulis wacana narasi dengan model Concept Sentence
berdistribusi normal.
Hasil perhitungan uji homogenitas pre-test yang diteliti diperoleh Fhitung =1,57 dan
Ftabel = 1,86. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Hasil
perhitungan uji ”t” diperoleh to lebih besar dari ttabel yaitu 4,61 > 2,04. Perhitungan uji
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model
Concept Sentence berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis wacana narasi siswa
kelas XI SMK Multi Karya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Concept Sentence, Menulis, Wacana Narasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i3.1570

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.