Efektivitas Metode Bermain Peran terhadap Kemampuan Mengekspresikan Dialogdalam Pementasan Dramapada Siswa Kelas XI SMALaksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2013/2014

sri Rahayu

Abstract


Sri Rahayu, NIM 209311077 “Efektivitas Metode Bermain Peran terhadap
Kemampuan Mengekspresikan Dialog dalam pementasan Drama pada Siswa Kelas XI
SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurusan bahasa dan
Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas negeri
Medan, Agustus 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Bermain Peran
terhadap Kemampuan Mengekspresikan Dialogdalam Pementasan Drama pada Siswa
Kelas XI SMALaksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Laksamana Martadinata Medan yang
berjumlah 281 orang siswa dan yang diambil sebagai sampel sebanyak 40 orang siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menemukan dua kelas yang dijadikan wakil
populasi untuk diteliti.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian one group pre-test post-test design yang dilakukan sebanyak satu kelas
(kelompok) saja. Didalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu
sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum
eskperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah ekserimen disebut post-test.
Dari pengolahan data pre-test memiliki rata-rata 63,25, standar deviasi 6,85 dan
termasuk kedalam empat kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak
30%, cukup sebanyak 62,5% dan kategori kurang sebanyak 0%. Hasil post-test
memiliki rata-rata 79,5, standar deviasi 7,14 dan termasuk kedalam empat kategori,
yaitu kategori sangat baik sebanyak 35 %, kategori baik sebanyak 60 %, kategori cukup
5 % dan kategori kurang sebanyak 0%.
Berdasarkan uji normalitas pre-test diperoleh harga 􀜮􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚= 0,11. Ternyata
􀜮􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 < 􀜮􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 yaitu 0,11 < 0,14. Ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran
mengekspresikan dialog dalam pementasan drama dengan metode bermain peran
berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas pada post-test diperoleh 􀜮􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚= 0,13.
Ternyata 􀜮􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 < 􀜮􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 yaitu 0,13 < 0,14. Ini membuktikan bahwa data hasil
pembelajaran mengekspresikan dialog dalam pementasan drama dengan metode
bermain peran berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas pre-test yang
diteliti oleh 􀜨􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 = 1,08 dan 􀜨􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 = 1,69. Hal ini dibuktikan sampel dari populasi
yang homogen. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh 􀝐􀯢> 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 yaitu 10,3 > 2,03.
Pengujian hipotesis nihil (􀜪􀯢) ditolak dan hipotesis alternatif (􀜪􀯔) diterima. Hal ini
membuktikan bahwa Metode Pembelajaran Bermain Peran berpengaruh positif dalam
kemampuan mengekspresikan dialog dalam pementasan drama siswa kelas XI SMA
Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Efektivitas–Bermain Peran–Dialog–Pementasan Drama


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i4.1571

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.