Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3
Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 384 orang siswa.
Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X KA 1 dan X KA 2 yang
masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan
adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan
menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan
Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen masuk ke dalam
kategori baik dengan nilai rata-rata = 79,09, standar deviasi = 7,85
sedangkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X
SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan
menggunakan model pembelajaran ceramah di kelas kontrol masuk ke
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 67,50 standar deviasi = 7,30.
Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua data
berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas
dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,03. Selanjutnya to diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan
df = N-1= 32-1 = 31 dari df = 32 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,03,
karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,03 > 2,03, maka
tolak Ho dan terima Ha. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks
prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Teks Prosedur Kompleks
berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3
Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 384 orang siswa.
Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X KA 1 dan X KA 2 yang
masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan
adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan
menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan
Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen masuk ke dalam
kategori baik dengan nilai rata-rata = 79,09, standar deviasi = 7,85
sedangkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X
SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan
menggunakan model pembelajaran ceramah di kelas kontrol masuk ke
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 67,50 standar deviasi = 7,30.
Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua data
berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas
dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,03. Selanjutnya to diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan
df = N-1= 32-1 = 31 dari df = 32 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,03,
karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,03 > 2,03, maka
tolak Ho dan terima Ha. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks
prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Teks Prosedur Kompleks
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i4.1592
Article Metrics
Abstract view : 671 timesPDF - 61 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Ernanda Ariyatna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.