PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK TENTANG KORBAN ERUPSI GUNUNG SINABUNG PADA SISWA KELAS VII SMP MASEHI BERASTAGI T.P. 2014/2015

Authors

  • Evi Susanti Br Ginting Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v3i4.1593

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh modelpembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis ceritapendek tentang korban erupsi Gunung Sinabung pada siswa kelas VIISMP Masehi Berastagi T.P. 2014/2015. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII SMP Masehi Berastagi sebanyak 213 orangdan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sebanyak40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeeksperimen dengan desain one group pre test post test design.Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Nilai rata-ratasetelah perlakuan (post test) adalah 72,07, sedangkan nilai pre testadalah 66,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rataratamenulis cerpen siswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilaisebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,07 kemudiandikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5 % = 2,02.Karena thitung = 3,07 ô€€€ ttabel = 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak.Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyekmempengaruhi kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VIISMP Masehi Berastagi T.P. 2014/2015.Kata kunci: Berbasis proyek, menulis, cerita pendek.

Downloads

Published

2014-11-30

Issue

Section

Articles