PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK TENTANG KORBAN ERUPSI GUNUNG SINABUNG PADA SISWA KELAS VII SMP MASEHI BERASTAGI T.P. 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model
pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis cerita
pendek tentang korban erupsi Gunung Sinabung pada siswa kelas VII
SMP Masehi Berastagi T.P. 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Masehi Berastagi sebanyak 213 orang
dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sebanyak
40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain one group pre test post test design.
Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Nilai rata-rata
setelah perlakuan (post test) adalah 72,07, sedangkan nilai pre test
adalah 66,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai ratarata
menulis cerpen siswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai
sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,07 kemudian
dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5 % = 2,02.
Karena thitung = 3,07 ttabel = 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek
mempengaruhi kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII
SMP Masehi Berastagi T.P. 2014/2015.
Kata kunci: Berbasis proyek, menulis, cerita pendek.
pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis cerita
pendek tentang korban erupsi Gunung Sinabung pada siswa kelas VII
SMP Masehi Berastagi T.P. 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Masehi Berastagi sebanyak 213 orang
dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sebanyak
40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain one group pre test post test design.
Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Nilai rata-rata
setelah perlakuan (post test) adalah 72,07, sedangkan nilai pre test
adalah 66,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai ratarata
menulis cerpen siswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai
sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,07 kemudian
dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5 % = 2,02.
Karena thitung = 3,07 ttabel = 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek
mempengaruhi kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII
SMP Masehi Berastagi T.P. 2014/2015.
Kata kunci: Berbasis proyek, menulis, cerita pendek.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i4.1593
Article Metrics
Abstract view : 296 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Evi Susanti Br Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.