Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Menulis Cerita Pendek

Bambang Panca Syahputra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian berlokasi di FKIP UMSU Medan. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester VII-D tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- kuantitatif untuk mendapatkan data.  Pada tes siklus pertama skor rata-rata adalah 74,4 dan pada tes siklus kedua skor rata-rata adalah 87,4. Peningkatan juga dapat dilihat dari persentase kemampuan menulis siswa dalam tes kompetensi pada siklus pertama 60% (21 siswa) dari jumlah siswa yang memperoleh skor 75. Pada siklus kedua ada 35 siswa mencapai nilai lebih dari 75 dengan persentase 100% yang berarti semua siswa berhasil melebihi standar skor minimum. Ini berarti bahwa penerapan pendekatan Saintifik dalam meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek berhasil.


Keywords


Kata Kunci: Pendekatan Saintifik; Menulis; Cerita Pendek

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18328

Article Metrics

Abstract view : 450 times
PDF - 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bambang Panca Syahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.