Pengaruh Teknik Peer-Correction terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Davin Rizki, Fitriani Lubis

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan teknik peer- correction, (2) Mendeskripsikan pengaruh teknik ­peer- correction dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babalan tahun pembelajaran 2019/202. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 247 orang yang terdiri dari 7 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas XI IPS-2 dengan siswa sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen digunakan dalam penelitian ini adalah tes Esai. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu (1) nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum menggunakan teknik peer-correction adalah 64,5, (2) nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menerapkan teknik peer-correction adalah 85,07, dan (3) teknik peer-correction berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui t0 = 10,55. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t taraf signifikan 5% dengan df = N-2, yakni 35-2 = 33 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 10,55 > 2,03, maka hipotesisi nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hα) diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa teknik peer-correction berpengaruh dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babablan Tahun Pembelajaran 2019/2020.


Keywords


Kata Kunci: Pengaruh; Teks Eksplanasi; Teknik Peer-Correction

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18334

Article Metrics

Abstract view : 645 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Davin Rizki, Fitriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.