Efektivitas Model Concept Sentence terhadap Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020

Ely Susanti Rifa, Inayah Hanum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis pantun dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 124 orang. sampel yang diambil adalah 62 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelas, yaitu 31 orang siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dan 31 orang siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Hasil Penelitian disimpulkan, kemampuan menulis pantun menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020 adalah baik dengan nilai rata-rata 80,06. Sedangkan kemampuan menulis pantun menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020 adalah cukup denga nilai rata-rata 68,12. Model Pembelajaran Concept Sentence lebih efektif dalam kemampuan siswa menulis pantun daripada model pembelajaran Ekspositori. Hal ini terbukti dari hasil uji t diperoleh thitung> ttabel(0,05) yakni 3,45 > 2,04.


Keywords


Kata Kunci : Efektivitas; Model Concept Sentence; Pantun

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18340

Article Metrics

Abstract view : 417 times
PDF - 336 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ely Susanti Rifa, Inayah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.