Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas X

Iqlima Iqlima

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Think Pair Share  (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot. Penelitan tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitin ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Tebas. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TPS dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot, yaitu siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 74,55 dan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 78.


Keywords


Kata Kunci: menulis; teks anekdot; TPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18345

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF - 595 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Iqlima Iqlima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.