Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan

Oktavia Lestari P

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 40 orang (empat puluh) siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, instrument penelitian yaitu tes kemampuan menulis paragraf eksposisi. Setelah menghitung dan mengolah data dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa mengetahui kemampuan menulis paragraf eksposisi berdasarkan teknik klasifikasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan berada pada tingkat cukup. Hal ini diketahui dari nilai rata- rata yang diperoleh siswa yaitu 5,90 yang dibulatkan menjadi 6.

 

Kata kunci: Kemampuan Menulis, Paragraf, Paragraf Eksposisi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendidikan

Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

----------------------- 2009. Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta :

Bumi Aksara

Keraf, Gorys. 1997. Eksposisi dan Deskrpsi.

Jakarta : Nusa Indah.

Marhijanto, Bambang. 1995. Buku Pintar

Bahasa Indonesia untuk SMP.

Surabaya : Gita Media Pers

Oemar, Hamalik. 1998. Media Pendidikan.

Bandung : Alumni.

Poerdarminta, W. J.S. 1984. Kamus Umum

Bahasa Indonesia. Djakarta :

Perpustakaan keguruan.

Tarigan, H.G. 1986. Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung

: Angkasa.

Tarigan, Djago.1981. Membina

Keterampilan Menulis Paragraf.

Bandung : Angkasa.

Semiawan, Conny. 1999. Pendekatan

Pembelajaran. Jakarta : Gramedia.

Sudjono. 1994. Metode Statistik. Bandung :

Tarsito

Soparno, Mohamad Yunus. 2008.

Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta :

Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v8i1.13116

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.