EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PROGRAM MACROMEDIA FLASH C S3 TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN REMAJA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Efektivitas Model pembelajaran
berbasis komputer program macromedia flash Cs3 Terhadap Peningkatan
Kemampuan Menulis Cerpen Remaja Siswa Kelas IX SMP Negeri 41 Medan
Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 240
orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 60 orang yaitu
sampel yang sudah diacak. Sampel didapat dan dikelompokan menjadi 2 kelas
yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain Posttest Control Only Desain Group.
Data penelitian ini dianalisis dengan statistik ”t”. Setelah nilai t
hitung
diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai t
tabel
pada taraf 5% dengan df
= (N1+N2)-2 = (30+30)-2 = 58. Pada tabel t taraf signifikansi 5% = 1,67 Karena
t
hitung
yang diperoleh lebih besar dari t
tabel
yaitu 2,78 > 1,67, maka hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran menulis cerpen remaja lebih
efektif menggunakan model pembelajaran berbasis komputer program
macromedia flash Cs3 dibandingkan model pembelajaran berbasis media cetak.
berbasis komputer program macromedia flash Cs3 Terhadap Peningkatan
Kemampuan Menulis Cerpen Remaja Siswa Kelas IX SMP Negeri 41 Medan
Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 240
orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 60 orang yaitu
sampel yang sudah diacak. Sampel didapat dan dikelompokan menjadi 2 kelas
yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain Posttest Control Only Desain Group.
Data penelitian ini dianalisis dengan statistik ”t”. Setelah nilai t
hitung
diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai t
tabel
pada taraf 5% dengan df
= (N1+N2)-2 = (30+30)-2 = 58. Pada tabel t taraf signifikansi 5% = 1,67 Karena
t
hitung
yang diperoleh lebih besar dari t
tabel
yaitu 2,78 > 1,67, maka hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran menulis cerpen remaja lebih
efektif menggunakan model pembelajaran berbasis komputer program
macromedia flash Cs3 dibandingkan model pembelajaran berbasis media cetak.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.222
Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 achmad Yuhdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.