EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PROGRAM MACROMEDIA FLASH C S3 TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN REMAJA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

achmad Yuhdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Efektivitas Model pembelajaran
berbasis  komputer  program macromedia  flash  Cs3  Terhadap  Peningkatan
Kemampuan  Menulis  Cerpen  Remaja  Siswa  Kelas  IX  SMP  Negeri  41  Medan
Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 240
orang  dan  yang  menjadi  sampel  pada  penelitian  ini  sebanyak  60  orang  yaitu
sampel yang sudah diacak. Sampel didapat dan dikelompokan menjadi 2 kelas
yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain Posttest Control Only Desain Group.
Data  penelitian  ini  dianalisis  dengan  statistik  ”t”.  Setelah  nilai  t
hitung
diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai t
tabel
pada taraf 5% dengan df
= (N1+N2)-2 = (30+30)-2 = 58. Pada tabel t taraf signifikansi 5% = 1,67  Karena
t
hitung
yang diperoleh lebih besar dari t
tabel
yaitu 2,78 > 1,67, maka hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran menulis cerpen remaja lebih
efektif  menggunakan  model  pembelajaran  berbasis  komputer  program
macromedia flash Cs3 dibandingkan  model pembelajaran berbasis media cetak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.222

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.