EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN PENELITIAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS NILAI-NILAI MORAL CERPEN SAMPAN ZULAIHA KARYA HASAN AL-BANNA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011”.

Devi Sainar Purba

Abstract


Masalah  penelitian  ini  adalah  apakah  kemampuan  menganalisis  nilai-nilai  moral  cerpen
Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna dengan model pembelajaran latihan penelitian lebih
baik  dari  metode  ekspositori  pada  siswa  kelas  X  SMA  Negeri  I  Tanjung  Balai  Tahun
Pembelajaran  2010/2011.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menjelaskan  keefektivan  Model
Pembelajaran  Latihan  Penelitian  Terhadap  Kemampuan  Menganalisis  Nilai-nilai  Moral
Cerpen Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Balai
Tahun pembelajaran 2010/2011.
Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan menganalisis nilai-nilai
moral  cerpen  Sampan  Zulaiha  Karya  Hasan  AL-Banna.  Instrumen  tes  telah  diujicobakan
sehingga diketahui validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post-test only control group design.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran latihan
penelitian sebesar 77,16 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan metode ekspositori
adalah 69,16. Dari perhitungan statistik “t” diperoleh harga t
hitung
sebesar 3,36 dan dari
tabel “t” pada daftar tabel untuk α = 0,05 dengan dk=58 sebesar 2,00 sehingga t
hitung
>t
tabel.
Hasil  hipotesis  menunjukkan  bahwa  hasil  belajar  menganalisis  nilai-nilai  moral  cerpen
Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna dengan model pembelajaran latihan penelitian lebih
baik dibandingkan dengan metode ekspositori.
Kata kunci : Metode eksperimen, metode ekspositori, cepen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.225

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Devi Sainar Purba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.