Analisis Nilai-Nilai Karakter dalam Novel “Anak Lumpur Menggapai Matahari”

Marshinta Uli S, Maylisa T. P, Peronika Peronika, Thongam R. H. S, Ramadhan S

Abstract


Abstrak
Pendidikan karakter merupakan aset terpenting dalam kehidupan manusia, nilai-nilai karakter dalam karya sastra sebuah novel dapat digunakan untuk membentuk karakter setiap peserta didik. Penelitian ini berjudul “Anak Lumpur Menggapai Matahari” karya K.H. Junaedi Al-Baghdadi. Novel ini ditulis berdasarkan kisah nyata kehidupan penulis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai- nilai karakter dalam Novel “ Anak Lumpur Menggapai Matahari” Karya K.H. Junaedi AL- Baghdadi. Dalam novel ini terdapat limabelas nilai pendidikan karakter yaitu : (1). Nilai Religius, (2). Nilai Jujur, (3) Nilai Toleransi, (4) Nilai Kerja keras, (5) Nilai Disiplin, (6) Nilai Kreatif, (7) Nilai Mandiri, (8) Nilai Cinta damai, (9) Nilai Percaya diri, (10) Nilai Menghargai Prestasi, (11) Nilai Bersahabat dan Komunikatif, (12) Nilai Gemar Membaca, (13) Nilai Rasa Ingin Tahu, (14) Nilai Peduli Sosial, dan (15) Nilai Tanggung Jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualiatatif. Yaitu memaparkan tentang suatu gambaran data dalam bentuk kata-kata tertulis ataupun lisan mengenai peristiwa yang terjadi dan dapat diamati. Subyek penelitian ini adalah novel Anak Lumpur Menggapai Matahari”. Karya Junaedi AL- Baghdadi, sedangkan objeknya adalah nilai- nilai karakter dalam Novel “ Anak Lumpur Menggapai Matahari” Karya Junaedi AL- Baghdadi. Penelitian ini bermanfaat bagi pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran sastra khususnya tentang novel.


Keywords


Kata kunci : Novel, Nilai- nilai karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v10i1.22538

Article Metrics

Abstract view : 491 times
PDF - 477 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marshinta Uli S, Maylisa T. P, Peronika Peronika, Thongam R. H. S, Ramadhan S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.