HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Eva Susanti Ginting

Abstract


Tampubolon ( 1993 ) menjelaskan bahwa pada hakekatnya membaca adalah kegiatan
fisik  dan  mental  untuk menemukan  makna  dari  tulisan,  walaupun  dalam  kegiatan  itu  terjadi
proses  pengenalan  huruf-huruf.  Dikatakan  kegiatan  fisik, karena  bagian-bagian  tubuh
khususnya  mata,  yang melakukannya.  Dikatakan  kegiatan  mental,  karena  bagian-bagian
pikiran khususnya persepsi dan ingatan, terlibat didalamnya. Diperjelas oleh pendapat Smith
(ginting  2005)  bahwa  membaca  merupakan  suatu  proses  membangun  pemahaman  dari  teks
yang tertulis
Minat baca  cerpen  anak  oleh  siswa  kelas  V  SD  Swasta  Setia  Budi  Kecamatan
Perbaungan  Tahun  Pembelajaran  2010/2011  adalah  cukup  dengan  skor  rata-rata  54,73
dengan tingkat membaca cukup. Kemampuan mengarang cerita pendek (cerpen) siswa cukup
dengan  skor  rata-rata 60,67,  dan  tingkat  kemampuan  60,67%.  Selanjutnya  ada  hubungan
minat baca cerpen anak dengan kemampuan mengarang cerita pendek oleh siswa SD Swasta
Setia  Budi  Kecamatan  Perbaungan  Tahun  Pembelajaran  2010/2011. Hal  ini  diperkuat  dari
hasil perhitungan statistik uji korelasi r product moment diperoleh nilai r
xy
= 0,604 dan nilai
korelasi tersebut signifikan setelah diuji dengan membandingkan nilai kritisnya  yaitu 0,604 >
0,361
(0,05).
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  untuk  meningkatkan  kemampuan  siswa
mengarang  cerpen  diperlukan  pemahaman  guru  tentang  pentingnya  minat  baca  cerpen.
Upaya-upaya  tersebut  perlu  dilakukan  guru  maupun  pihak  sekolah  setempat  dengan
menyediakan cerpen anak di sekolah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.227

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Eva Susanti Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.