HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWAKELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Irma Yuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa relevan penguasaan kosakata
yang dimiliki siswa, berikutnya untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa
melalui tes esai yang diberikan kemudian untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri
1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 178 orang dan yang menjadi sampel adalah
35 orang siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan daftar nama-nama siswa
yang telah diundi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi yakni
untuk mencari apakah ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Alat
pengumpul data yang digunakan untuk penguasaan kosakata adalah tes objektif dengan 4
opsi (A,B,C,D) setiap soal memliki nilai 5. jumlah soal 25, soal yang tidak valid sebanyak 5
soal, untuk soal yang valid sebanyak 20 soal. Sedangkan untuk kemampuan menulis naskah
drama  menggunakan  tes  esai  dengan  asp[ek  penilaian  untuk  tema  (5-10),  diksi  (15-30),
dialog (10-20), alur (15-30), penokohan (5-10). Dari hasil perhitungan korelasi diperoleh
nilai rxy = 0,619. Signifikan koefisien korelasi tersebut  dikonsultasikan ke tabel nilai r
product moment . harga r
tabel
dengan N = 35 pada taraf signifikan 5% = 0,334 dan pada
taraf 1% = 0,430. ternyata harga r yang diperoleh melalui perhitungan lebih besar dari
r
tabel
yaitu 0,334 < 0,619 > 0,442 dengan kata lain hipotesis diterima, hal ini membuktikan
bahwa  ada  hubungan  yang  signifika  antara  penguasaan  kosakata  dengan  kemampuan
menulis naskah drama.
Kata kunci : Hipotesis, Signifika, Esai, Alur, Tema.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.228

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.