HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWAKELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa relevan penguasaan kosakata
yang dimiliki siswa, berikutnya untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa
melalui tes esai yang diberikan kemudian untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri
1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 178 orang dan yang menjadi sampel adalah
35 orang siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan daftar nama-nama siswa
yang telah diundi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi yakni
untuk mencari apakah ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Alat
pengumpul data yang digunakan untuk penguasaan kosakata adalah tes objektif dengan 4
opsi (A,B,C,D) setiap soal memliki nilai 5. jumlah soal 25, soal yang tidak valid sebanyak 5
soal, untuk soal yang valid sebanyak 20 soal. Sedangkan untuk kemampuan menulis naskah
drama menggunakan tes esai dengan asp[ek penilaian untuk tema (5-10), diksi (15-30),
dialog (10-20), alur (15-30), penokohan (5-10). Dari hasil perhitungan korelasi diperoleh
nilai rxy = 0,619. Signifikan koefisien korelasi tersebut dikonsultasikan ke tabel nilai r
product moment . harga r
tabel
dengan N = 35 pada taraf signifikan 5% = 0,334 dan pada
taraf 1% = 0,430. ternyata harga r yang diperoleh melalui perhitungan lebih besar dari
r
tabel
yaitu 0,334 < 0,619 > 0,442 dengan kata lain hipotesis diterima, hal ini membuktikan
bahwa ada hubungan yang signifika antara penguasaan kosakata dengan kemampuan
menulis naskah drama.
Kata kunci : Hipotesis, Signifika, Esai, Alur, Tema.
yang dimiliki siswa, berikutnya untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa
melalui tes esai yang diberikan kemudian untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri
1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 178 orang dan yang menjadi sampel adalah
35 orang siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan daftar nama-nama siswa
yang telah diundi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi yakni
untuk mencari apakah ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Alat
pengumpul data yang digunakan untuk penguasaan kosakata adalah tes objektif dengan 4
opsi (A,B,C,D) setiap soal memliki nilai 5. jumlah soal 25, soal yang tidak valid sebanyak 5
soal, untuk soal yang valid sebanyak 20 soal. Sedangkan untuk kemampuan menulis naskah
drama menggunakan tes esai dengan asp[ek penilaian untuk tema (5-10), diksi (15-30),
dialog (10-20), alur (15-30), penokohan (5-10). Dari hasil perhitungan korelasi diperoleh
nilai rxy = 0,619. Signifikan koefisien korelasi tersebut dikonsultasikan ke tabel nilai r
product moment . harga r
tabel
dengan N = 35 pada taraf signifikan 5% = 0,334 dan pada
taraf 1% = 0,430. ternyata harga r yang diperoleh melalui perhitungan lebih besar dari
r
tabel
yaitu 0,334 < 0,619 > 0,442 dengan kata lain hipotesis diterima, hal ini membuktikan
bahwa ada hubungan yang signifika antara penguasaan kosakata dengan kemampuan
menulis naskah drama.
Kata kunci : Hipotesis, Signifika, Esai, Alur, Tema.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.228
Article Metrics
Abstract view : 205 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Irma Yuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.