Analisis Bahasa dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan bahasa dan nilai-nilai Pendidikan budi pekerti dalam buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Alat pengumpulan data penelitian iniĀ adalah dengan menganalisis objek penelitian dengan membaca teks tentang kesalahan bahasa dan nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang termuat dalam buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini menunjukan kesalahan bahasa meliputi kesalahan ejaan, kesalahan diksi/kata, dan kesalahan kalimat. Nilai-nilai Pendidikan budi pekerti meliputi meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dan selalu menaati segala perintahnya, memiliki sikap toleransi, memupuk disiplin diri sendiri, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki kebersamaan dan gotong royong, memiliki tatakrama dan sopan santun, dan menumbuhkan kejujuran.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v10i1.23097
Article Metrics
Abstract view : 190 timesPDF - 166 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Enny Rahayu, Endang Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.