Efektivitas Penggunaan Teknik Cooperative Integreted Reading and Composition terhadap Peningkatan Hasil Belajar Membaca Cerpen Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2009/2011

Authors

  • Samroh Annisya Manalu

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.232

Abstract

Siswa  dikatakan  berhasil  membaca,  jika  dapat  memahami  pesan  yang  disampaikanpada tulisan. Membaca bukanlah hanya sekedar mengeja dan mengenal kata-kata, tetapi jauhlebih  dalam  lagi,  yaitu  dapat  memahami  gagasan  yang  disampaikan  melalui  lambang-lambang bunyi yang ada.Berdasarkan  kompetensi  dasar  yang  harus  dicapai  pada  materi  Bahasa  Indonesia  dikelas  VII  yang  menyatakan,Siswa  memiliki  kemampuan  menanggapi  bacaan  cerpen.Menjadi  acuan  peneliti  untuk  mengetahui  sejauh  mana  kemampuan  siswa  tersebut  untukmenanggapi  sebuah  bacaan  cerpen  tersebut. Permasalahan dalam  penelitian  ini adalahbagaimana efektivitas penggunaan teknik Cooperative Integreted Reading And Compositiondalam pembelajaran membaca cerpen.Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.

Downloads