REKONSTRUKSI SOAL PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN RESEPTIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SMP SEMESTA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal yang dianalisis secara kualitatif serta rekonstruksi soal untuk soal yang perlu diperbaiki dengan menelaah kriteria soal dan kesesuaian dengan validitas isi serta validitas konstruk. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis secara kualitatif dapat ditelaah dengan meliputi ranah materi, ranah konstruksi sosial, dan ranah bahasa. rekonstruksi soal dilakukan dengan penelaahan soal yang tidak sesuai dengan validitas isi maupun validitas konstruk. Berdasarkan hasil analisis data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa pada soal USBN kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 SMP Semesta Semarang belum memenuhi standar kualitas yang baik, sehingga perlu adanya rekonstruksi.Sehingga, soal tersebut dapat lebih memenuhi standar kualitas pembelajaran.
Keywords
butir soal, rekonstruksi, kualitati
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26257
Article Metrics
Abstract view : 523 timesPDF - 883 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Alfi Yalda Ayumi, Citra Amelia Sudiyati, Sukma Nabilah Daulay, Wagiran Wagiran, Deby Luriawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.