ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIANKETERAMPILAN APRESIASI SASTRA PADA SOALUAS MATERI PUISI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMPN 1 KANDANGHAUR

Adhetia Sukmafitriani, Finda Septina Munjariyati, Wagiran Wagiran, Deby Luriawati Naryatmojo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis soal PAS keterampilan apresiasi sastra pada pembelajaran puisi kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 serta memaparkan hasil rekonstruksi dari hasil analisis yang dilakukan. Jenis  penelitian  yang digunakan  adalah penelitian analisis evaluatif. Metode yang digunakan dalam penelitian analisis ini adalah deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa masih ditemukan soal pilhan ganda materi apresiasi sastra khususnya pembelajaran puisi pada pembelajaran puisi kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan instrumen soal yang baik dan benar, akibatnya berpengaruh pada minimnya kualitas instrumen soal yang telah dibuat. Analisis butir soal dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. masih ditemukan soal pilhan ganda materi apresiasi sastra khususnya pembelajaran puisi pada pembelajaran puisi kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan instrumen soal yang baik dan benar, akibatnya berpengaruh pada minimnya kualitas instrumen soal yang telah dibuat. Analisis butir soal dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

Keywords


Analisis, rekonstruksi, kualitatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26277

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.