KOMPARASI EFEKTIVITAS EDMODO DENGAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PJJ DALAM PENUGASAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Niko Chandra Gultom, Asnita Hasibuan, Candra R. Gultom

Abstract


Tujuan studi penelitian ini adalah Untuk mengetahui mana lebih efektif dalam hal menulis karangan deskripsi siswa menggunakan edmodo atau google classroom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian yang diteliti adalah efektifitas Edmodo dan Google Classroom. Metode pengumpulan datanya menggunakan Teknik pegumpulan datanya seluruh siswa smp kelas VII dapat dijadikan sampel. Dari studi ini ditemukan hasil bahwa komparasi pembelajaran edmodo sebagai media Pjj dalam pembelajaran penugasan dengan hasil 81,17 dan  komparasi pembelajaran edmodo sebagai media Pjj dalam pembelajaran penugasan dengan hasil memiliki hasil 74,8 hal ini menyatakan bahwa  edmodo lebih efektif dibandingkan google classroom sebagai media Pjj dalam pembelajaran penugasan. Penelitian yang memakai  posttest dan pretest hasilnya menunjukkan Skor tertinggi yang didapat sebelum mendapatkan perlakuan yaitu 87 dan nilai terendah 40. Skor tertinggi yang didapat setelah mendapatkan perlakuan adalah 100 dan skor terendah adalah 52.

Keywords


Efektivitas Edmodo, Google Classroom, Media PJJ dalam Penugasan Bahasa Indonesi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v11i1.31844

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Niko Chandra Gultom, Asnita Hasibuan, Candra R. Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.