ANALISIS KESULITAN SISWA MENULIS PUISI DENGAN KONTEKSTUAL IMAJINATIF DIKELAS VIII SMP NEGERI 1 PALIPI
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontektual Imajinatif Dikelas VIII SMP NEGERI 1 PALIPI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya guru dalam menghadapi siswa yang kesulitan dalam menulis puisi. (2) untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa yang kesulitan dalam menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual imajinatif (3) untuk mengetahui factor penyebab kesulitan siswa dalam menulis puisi. (4) untuk mengetahui kemampuan mengajar guru dengan menggunakan pendekatan kontektual imajinatif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi disebabkan kurangnya pemilihan kata maupun karena kurangnya tenaga guru yang mengampu pelajaran bahasa indonesia serta guru yang tidak menggunakan media yang bervariasi. Dalam penelitian ini data yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi yaitu untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas dan untuk mengetahui keadaan peserta didik yang akan dijadikan sampel penelitian. Metode wawancara untuk memperoleh informasi dari guru tentang kesulitan siswa dalam menulis puisi dan apa penyebabnya. Metode penyebaran angket untuk mengumpulkan dan mendapatkan data dari siswa sesuai dengan pendapat siswa.
Keywords
menulis, puisi, imajinatif, kontekstual
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v11i1.31850
Article Metrics
Abstract view : 394 timesXML - 1453 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yohanna C Sitohang, Novelin Nainggolan, Dina Simarangkir, Panigoran Siburian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.