EVALUASI KELAYAKAN ISI , MATERI, BAHASA DAN KETERBACAAN PADA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SMA

Ghaisyah Dwi Mayandri, Haryadi Haryadi, Rahayu Pristiwati

Abstract


Evaluasi merupakan pengukuran atau perbaikan serta penilaian terhadap sesuatu dalam hal ini adalah buku ajar. Komponen yang dievaluasi adalah materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan. Buku ajar yang diteliti adalah buku ajar bahasa Indonesia dengan judul Bahasa Indonesia kelas XI dan XII SMA yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Metode penelitian ini adalah content analysis deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan tabel analisis. Berdasarkan  hasil  penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa buku Bahasa Indonesia teribatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendkbud) untuk buku kelas X dari  10  Bab. Hasil analisis aspek materi, penyajian, dan kebahasaan terhadap buku teks Bahasa Indonesia terdapat 9 Komptensi Dasar dari 34 Kompetensi Dasar yang tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan, dari ketiga aspek tersebut mencapai 70 % yang berarti cukup sesuai berdasarkan kriteria kesesuaian. Buku kelas X ini dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar dalam membantu proses pembelajaran. Sedangkan untuk buku kelas XI yang terdiri dari 7 bab, berdasarkan hasil analisis aspek materi, penyajian, dan kebahasaan terdapat 7 Komptensi Dasar dari 28 Komptensi Dasar yang tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan, dan memperoleh 50 % yang berarti kurang sesuai.


Keywords


kelayakan isi, kesesuaian materi, bahasa dan keterbacaan, buku ajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v11i1.31860

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF - 1295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ghaisyah Dwi Mayandri, Haryadi Haryadi, Rahayu Pristiwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.