PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN NASKAH DRAMA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SELONG TAHUN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menelaah cirri unsur dan kaidah kebahasaan naskah drama melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMPN 1 Selong tahun pembelajaran 2017/2018 terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes dan pedoman observasi. Keb erhasilan tindakan ditentukan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menelaah ciri unsur dan kaidah kebahasaan naskah drama pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata menelaah ciri unsur dan kaidah kebahasaan naskah drama pada siklus I menjadi pada siklus II. Berdasarkan penggunaan media iklan kodek dapat meningkatkan kemampuan menelaah ciri unsur dan kaidah kebahasaan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat peningkatan kemampuan menganalisis ciri unsur dan kaidah kebahasaan naskah drama dengan menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII tahun pembelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan nilai rerata menelaah cirri unsur dan kaidah kebahasaan naskah drama pada siklus I (pertama) sebesar 69, meningkat menjadi 75 pada siklus II (kedua). penggunaan pendekatan saintifik dapat kualitas belajar menganalis ciri unsur dan kaidah kebahasaan naskah drama pada siswa kelas VIII SMPN 1 Selong Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal didasarkan pada peningkatan prosentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Demikian juga dengan aktivitas guru dari 60% pada siklus I (pertama), menjadi 82% pada siklus II.
Keywords
kemampuan, menelaah ciri unsur dan kaidah kebahasaan, pendekatan saintifik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v11i1.31865
Article Metrics
Abstract view : 407 timesPDF - 774 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Islahuddin Islahuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.