ANALISIS WACANA KRITIS VAN DJIK PADA IKLAN BEAR BRAND TAHUN 2021 DAN 2022

Cory Marlia, Muhammad Surif, Syairal Fahmy Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian analisis wacana kritis terkait iklan dari produk susu Bear Brand. Produk ini selalu mengeluarkan inovasi yang mampu memikat masyarakat dalam mempromosikan produknya. Produk dari susu ini sangat dikenal sebagai susu beruang walaupun isi dari susu yang ditawarkan produk adalah susu sapi. Penelitian ini membahas tentang iklan dari Bear Brand yang lebih dominan muncul pada aplikasi YouTube. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisiis konten dengan mengklasifikasi dan menganalisis isi teks ataupun tuturan yang terdapat dalam iklan. Pada dasarnya, kedua iklan yang dianalisis mampu menjelaskan bahwa iklan tersebut memiliki target pasaran yang jelas sesuai dengan konteks sosial dan teks yang terdapat dalam iklan. Hal ini dapat dilihat pada iklan tahun 2021 pada susu Bear Band mengacu pada perlawanan dan kekebalan terhadap virus Covid-19 dan iklan tahun 2021 pada susu Bear Band mengacu pada pentingnya kebersamaan keluarga pada saat bulan Ramadhan.

Keywords


Wacana, Van Djik, Bear Band

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v11i2.37151

Article Metrics

Abstract view : 891 times
PDF - 1524 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cory Marlia, Muhammad Surif, Syairal Fahmy Dalimunthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.