IKLAN KOPI GOOD DAY TAHUN 2021 DALAM ANALISIS WACANA KRITIS VAN DJIK

Susanto Ginting, M Surip, Syairal Fahmy Dalimunthe

Abstract


Penelitian wacana kritis ini menggunakan metode Van Djik karena teori tersebut membahas aspek iklan secara linguistik dan sosial yang sangat relevan dengan iklan yang terdapat pada produk kopi Good Day. Iklan yang terdapat dalam kopi Good Day dipilih dalam penelitian ini dikarenakan produk tersebut sangat dikenal oleh masyarakat terutama bagi mahasiswa di Indonesia. Penelitian ini membahas tentang iklan dari kopi Good Day yang diunggah pada 26 Oktober dan 31 Agustus 2021 melalui akun resmi kopi Good Day ID pada aplikasi YouTube. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis konten dengan mengklasifikasi dan menganalisis isi teks ataupun tuturan yang terdapat dalam iklan kopi Good Day. Pada dasarnya, kedua iklan yang diunggah pada 26 Oktober dan 31 Agustus 2021 lebih menekankan bahwa kopi Good Day tidak kalah nikmat dengan produk-produk kopi yang terdapat dalam Coffe Shop dengan harga yang terjangkau dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dengan beranekaragam rasa kopi Good Day.

Keywords


Cerpen, Sonduk Hela, Kajian, Sosiologi Sastra

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v11i2.37157

Article Metrics

Abstract view : 521 times
PDF - 2621 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Susanto Ginting, M Surip, Syairal Fahmy Dalimunthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.