PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGA PANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Dani Agustina Ginting, Dani Agustina Ginting, Syamsul Arif

Abstract


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI

OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGA PANAH

TAHUN PEMBELAJARAN

2014/2015

Oleh

Dani Agustina Br. Ginting

Drs. Syamsul Arif, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis teks hasil observasi oleh siswa kelas X SMANegeri  1 Tigapanah tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigapanah, yang berjumlah 106 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 24 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik SimpleRandom Sampling.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja.Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis teks laporan eksposisi. Hasil rata-rata diperoleh setelah penerapan Model Pembelajaran Kontekstual adalah 82,29. Sedangkan sebelum penerapan Model Pembelajaran Kontekstual adalah 63,96. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,19>2,07

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, menulis teks eksposisi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i1.3755

Article Metrics

Abstract view : 552 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Dani Agustina Ginting, Dani Agustina Ginting, Syamsul Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.