HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LIMA

Eva Nurhafni, Syamsul Arif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 224 orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Sebelum dilakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka data berdistribusi normal dan linier. Maka dapat disimpulkan bahwa koefesien arah regresi regresi berarti dan mempunyai hubungan yang linear dan berarti pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hasil regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara hubungan pemahaman isi dengan kemampuan menulis teks ulasan dengan koefesien korelasi rx1y =  0.374 , hubungan pemahaman ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks ulasan adalah  = 0.475 dan hubungan pemahaman isi dan ciri kebahasaan adalah  . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh tahun pembelajaran 2014/2015.

Kata Kunci : Pemahaman Isi, Ciri Kebahasaan, Kemampuan Menulis Teks ulasan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i1.3770

Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Eva Nurhafni, Syamsul Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.